Tak Berkategori

Bahaya!! Inilah Beberapa Jenis Malware yang Harus diwaspadai Pengguna Android

Spread the love

iNews Game Sport – Jenis Malware pada HP Android adalah perangkat lunak berbahaya yang sengaja di buat untuk mengganggu, merusak, atau mencuri data dari perangkat Android. Biasanya, malware akan menyebar melalui unduhan atau download aplikasi yang tidak di lakukan secara tidak aman, tautan phishing, atau bahkan lewat pesan teks atau email berbahaya. Dampak yang di timbulkan jika HP Android terinfeksi malware dapat berupa penurunan kinerja ponsel, kebocoran informasi pribadi, hingga kerusakan sistem. Jenis-jenis malware beragam. Berikut beberapa macam malware yang sering menyerang HP Android dan perlu di waspadai:1

HiddenAds Malware

Pernahkah Anda terganggu dengan aplikasi yang terus-menerus menampilkan iklan, namun sulit menemukan aplikasi yang menyebabkannya? Hal ini mungkin di sebabkan oleh malware bernama HiddenAds. Malware ini biasanya menyamar sebagai game seluler yang menarik untuk diunduh. Setelah masuk ke perangkat, malware ini dapat menyamar dengan ikon Google Play Store atau bahkan tidak terlihat di layar utama, membuat ponsel Anda di banjiri oleh iklan spam.

Joker Spyware

Joker merupakan spyware yang cara kerjannya mengumpulkan daftar dari kontak, pesan SMS, dan informasi tentang perangkat yang telah terinfeksi. Selain itu, Joker juga dapat mendaftarkan perangkat ke layanan premium tanpa izin pemiliknya, memberikan keuntungan finansial bagi pembuat malware.

Jenis Malware ExoBot

ExoBot adalah malware perbankan Android yang sangat berbahaya. Berdasarkan laporan Malwarefiox, malware ini pertama kali di temukan di Bank Austria. ExoBot menyamar sebagai aplikasi perbankan, sehingga pengguna tidak curiga dan memasukkan informasi login mereka. ExoBot di gunakan untuk mencuri informasi login perbankan, mengakses data, dan melakukan serangan phishing.

FakeInst

FakeInst adalah salah satu malware Android yang paling umum. Termasuk dalam kategori Trojan, malware ini bertanggung jawab atas 22% dari semua serangan berbahaya pada perangkat Android. Pada awalnya, FakeInst tampak seperti program penginstal biasa, namun setelah di jalankan, malware ini secara otomatis mengirimkan pesan teks yang mengakibatkan biaya premium bagi pengguna.

Jenis Malware GinMaster

GinMaster, pertama kali muncul pada tahun 2011. Malware Ini bertanggung jawab atas 6% dari semua serangan malware pada perangkat Android. Setelah berhasil masuk ke perangkat, GinMaster menginstal shell root ke dalam sistem perangkat, membuatnya sulit di deteksi. Biasanya, di gunakan untuk mencuri data penting, mengambil alih perangkat dari jarak jauh, dan memata-matai pengguna.

BlackRock Malware

BlackRock adalah salah satu malware trojan pada Android yang sudah di kenal karena bisa mencuri informasi perbankan dari berbagai aplikasi sangat populer seperti Gmail, Uber, Amazon, kemudian Netflix. Malware ini telah berhasil menyerang lebih dari 300 aplikasi dan mempengaruhi jutaan pengguna .

Anda mungkin juga suka...