Wakil Asia di Piala Dunia 2026
Sports

Wakil Asia di Piala Dunia 2026, Siapakah Negara yang Lolos?

Spread the love

iNews Game Sport – Wakil Asia di Piala Dunia 2026 telah dimekarkan FIFA dengan jumlah peserta menjadi 48 negara. Kini Asia mendapatkan jatah 8,5 yang berarti bahwa terdapat penambahan dari kuota 4,5 saat edisi Piala Dunia 2022.

Negara-negara Asia yang lolos untuk mewakili Pildun 2026 ini banyak dicari tahu oleh para penggemar bola. Penasaran siapa saja 5 negara yang lolos ke putaran Piala Dunia 2026? Ini daftarnya!

Negara Asia yang Mewakili Piala Dunia 2026

Negara Asia yang mewakili Piala Dunia 2026 terdapat Tim nasional Iran hingga Timnas Korea Selatan. Berikut penjelasan lengkap seputar wakil Asia di Piala Dunia 2026!

1. Timnas Iran

Tim nasional Iran atau Team Melli merupakan salah satu klub andalan saat putaran final Piala Dunia dari Asia. Timnas Iran ini tercatat sudah lolos ke Piala Dunia dan terjadi secara beruntun sejak 2014.

Iran diprediksi akan kembali melaju ke putaran final Pildun 2026. Meski berganti pelatih dari Carlos Queiroz ke pelatih Amir Ghalenoei, kiprah tim Iran tetap mentereng di bidangnya.

2. Timnas Australia

Pada dasarnya, terdapat alasan khusus mengapa Tim Australia ini rela untuk pindah ke konfederasi dari Oseania ke AFC (Asia). Sebab, The Socceroos merasa kesempatan dan jatahnya untuk lolos ke putaran final jauh lebih terbuka apabila harus melewati Benua Kuning. 

Sejak kepindahannya pada 2006, benar saja bahwa Timnas Australia lolos ke Piala Dunia dalam empat edisi terkini, bahkan secara beruntun. Oleh sebab itu pula, Timnas Australia bisa kembali dijagokan untuk lolos ke Pildun 2026.

3. Timnas Arab Saudi

Timnas Arab Saudi juga merupakan salah satu langganan Piala Dunia dari Asia. Tetapi, untuk enam kesempatan lolosnya Timnas Arab Saudi baru terjadi setelah dekade 1990-an. Timnya hanya dua kali gagal untuk tampil pada putaran final saat tahun 2010 dan 2014.

Penampilan mainnya yang cukup mengejutkan dari Timnas Arab Saudi ketika klubnya berhasil menumbangkan Timnas Argentina (2-1) di fase Piala Dunia tahun 2022. Sehingga pertandingan Piala Dunia 2026 kembali dinanti oleh Timnas Arab Saudi. 

Berkat tangan dingin dari pelatihnya itu, pelatih bisa menyulap Salman Al-Faraj beserta kawan-kawan setimnya layak untuk disaksikan saat bertanding.

4. Timnas Jepang

Tak jauh beda dengan Arab Saudi, Timnas Jepang atau julukannya The Samurai Blue ini sudah tujuh kali lolos putaran final pada Piala Dunia. Tetapi semua kesempatan itu baru terjadi di sekitar 20 tahun terakhir saja, mulai dari tahun 1998.

Sejak tahun itu, Jepang selalu berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 secara tujuh kali secara beruntun. Anak asuh dari Hajime Moriyasu ini menjadi kandidat terdepan dan kembali mewakili Asia di tahun depan.

5. Timnas Korea Selatan

Wakil Asia di Piala Dunia 2026 selanjutnya adalah The Taeguk Warriors dengan partisipasi terbanyak di Piala Dunia. Klubnya sudah tercatat sebanyak 11 kali tampil di putaran final, terhitung sejak tahun 1954.

Sayangnya pada tahun itu, Timnas Korea Selatan harus menunggu sampai tahun 1986 untuk bisa lolos lagi. Sejak saat itulah, hingga 10 edisi kemudian, Timnas Korea Selatan ini selalu tampil di putaran final.

Apalagi dengan hadirnya anak asuh pelatih Jurgen Klinsmann yang diyakini akan memesan satu tempat di AS, Meksiko, dan Kanada. 

Tak tanggung-tanggung, Timnas Korsel juga tampil dengan prestasi terbaiknya sebagai peringkat 4 pada tahun 2002 ketika menjadi tuan rumah. Tentu saja dalam hal ini menjadikan Timnas Korsel diunggulkan untuk mencatatkan partisipasinya yang ke-12 atau ke-11 secara beruntun untuk wakil Asia di Piala Dunia 2026.

Anda mungkin juga suka...