Teknologi

Mengenal Lebih Jauh Gemini AI Google yang kinerjanya Mirip ChatGPT dan Juga Cara Menggunakannya

Spread the love

iNews Game Sport – Kemajuan Artificial Intelligence terus meningkat, dan perusahaan teknologi global seperti Google berlomba-lomba untuk mengembangkannya. Salah satu program AI yang dimiliki oleh Google yang cukup terkenal di kalangan pengguna umum adalah Bard. Namun, Google juga telah meluncurkan program AI baru yang disebut Gemini, yang mungkin masih asing bagi sebagian pengguna.

Jadi, apa sebenarnya Gemini AI? Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan singkat mengenai Gemini AI Google.

Pengertian Gemini Ai

Program Gemini AI sebenarnya didasarkan pada Large Language Model (LLM) yang dikembangkan oleh Google. LLM adalah jenis program AI yang mampu mengenali, menghasilkan, dan memproses teks serta bahasa. Google merilis Gemini sebagai bagian dari LLM pada 6 Desember 2023, dengan tujuan bersaing dengan model GPT yang dikembangkan oleh OpenAI, yang menjadi dasar dari ChatGPT.

Gemini AI hadir dalam tiga varian: Gemini Nano, Gemini Pro, dan Gemini Ultra. Google mengklaim bahwa LLM Gemini lebih cerdas daripada GPT-4 dari OpenAI, dengan mengungguli dalam tes Massive Multitask Language Understanding (MMLU) dengan skor 90 persen, dibandingkan dengan 86,4 persen dari GPT-4.

Setelah diluncurkan, Gemini AI menjadi program chatbot yang dapat diakses oleh pengguna umum. Gemini AI ini mampu merespons pertanyaan pengguna dengan menghasilkan teks secara otomatis. Seperti ChatGPT, Gemini AI juga menampilkan tampilan ruang obrolan yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengannya secara alami.

Hal Lain yang terdapat Dalam sistem

Gemini AI dilengkapi dengan kemampuan untuk memahami berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Program chatbot Gemini AI ini telah dirilis oleh Google sejak dua bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 8 Februari 2024. Sebelum peluncuran chatbot Gemini. LLM Gemini telah digunakan dalam Google Bard (Bard), yang juga merupakan chatbot buatan Google. Bard pertama kali dirilis sekitar awal tahun sebelumnya.

Pada awalnya, Bard menggunakan LLM LaMDA (Language Model for Dialogue Applications). Namun, pada tanggal 1 Februari 2024, Bard diperbarui dengan LLM Gemini. Tak lama setelah itu, Bard kemudian diubah menjadi Gemini pada tanggal 8 Februari 2024. Dengan demikian, chatbot Bard tidak lagi tersedia dan digantikan oleh Gemini AI. Gemini AI adalah chatbot AI yang dikembangkan oleh Google untuk menggantikan Bard. Sebelumnya, pengguna dapat mengakses Bard melalui situs web bard.google.com. Namun, jika situs web tersebut diakses sekarang, pengguna akan langsung diarahkan ke chatbot Gemini dengan antarmuka yang lebih baru dari Bard. Sementara itu, situs web utama Gemini berlokasi di gemini.google.com.

Anda mungkin juga suka...