Tak Berkategori

Inilah Cara Menyebrang Pakai Kendaraan yang Benar Jangan Terlalu Memaksakan Melawan Arah

Spread the love

iNews Game Sport – Pengendara sepeda motor kadang-kadang melakukan manuver yang berbahaya saat hendak menyeberang jalan, termasuk memaksa diri mereka sendiri untuk melawan arus harusnya Jangan Terlalu Memaksakan. Sebuah video yang diunggah oleh akun Dashcam Owners Indonesia menunjukkan seorang pengendara motor hampir bertabrakan saat mencoba menyeberang jalan. Posisi motornya yang tepat di tengah lajur membuat pengemudi lain kebingungan dalam memilih arah untuk menghindarinya. Beruntungnya, kecelakaan dapat dihindari dalam insiden tersebut.1

Jangan Terlalu Memaksakan dan Selalu Ingat 4T

Wahana Agus Sani, Kepala Promosi Keselamatan Berkendara, menanggapi kejadian ini dengan menekankan pentingnya mencari tempat yang aman sebelum menyeberang jalan. Dia menyarankan pengendara untuk menghindari jalan yang menurun, tikungan, dan tanjakan tinggi saat menyeberang. Selain itu, Agus merekomendasikan untuk melakukan 4T: Tunggu sejenak, Tengok kanan, Tengok kiri, dan Tengok kanan lagi sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini penting untuk memastikan situasi aman sebelum melakukan manuver, sehingga tidak mengejutkan pengendara lain di jalan.

Menanggapi situasi yang memprihatinkan ini, Agus menyoroti perlunya kesadaran dan kehati-hatian dari setiap pengendara. Dia menegaskan bahwa menyeberang jalan bukanlah hal yang sepele, dan keselamatan harus menjadi prioritas utama. Dengan mengikuti aturan dan prosedur keselamatan yang benar, risiko kecelakaan dapat diminimalkan.

Selain itu, Agus juga mengingatkan pentingnya tidak melakukan manuver yang tiba-tiba dan tidak terduga. Hal ini dapat membuat pengendara lain di jalan terkejut dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Sebagai gantinya, pengendara sepeda motor sebaiknya mengikuti langkah-langkah yang telah direkomendasikan, seperti menunggu sejenak dan memeriksa situasi sebelum melanjutkan perjalanan.

Kecelakan Yang Berakibat Fatal

Kecelakaan lalu lintas, terutama yang melibatkan sepeda motor, dapat berakibat fatal dan menyebabkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara harus terus ditingkatkan, baik oleh pengendara maupun oleh pihak terkait seperti otoritas lalu lintas dan lembaga keselamatan berkendara.

Selain itu, penting juga untuk mencatat bahwa keselamatan berkendara bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga tanggung jawab bersama. Para pengguna jalan harus saling mengingatkan dan menghargai satu sama lain untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman untuk semua pihak.

Dengan demikian, melalui kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan melindungi nyawa pengguna jalan. Langkah-langkah preventif seperti yang telah dijelaskan oleh Wahana Agus Sani dapat menjadi langkah awal yang penting dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan bertanggung jawab bagi semua orang.

Anda mungkin juga suka...